Pembuluh Koroner dan Susu Kedelai

Pembuluh Koroner dan Susu Kedelai. Bunda, masih berlanjut ya pokok bahasan kali ini. Berkaitan dengan estrogen Bunda, secara umum sudah kita bahas ya pembahasan tentang esterogen. Pada artikel kali ini, saya mau bertanya pada Bunda, apa sih ya pengaruh esterogen. Bunda, beberapa peneliti menduga bahwa fitoestrogen yang ada dalam kedelai dapat mempengaruhi pengaruh estrogen pada tubuh sehingga dapat mengurangi kadar kolesterol. Estrogen memegang peranan penting dalam memproduksi, mengontrol bahkan menghancurkan lipida di dalam tubuh.

Penelitian juga menunjukkan bahwa setelah menopause, ketika kadar estrogen menurun pada wanita, kadar kolesterol nya biasanya meningkat. Kondisi seperti ini akan memberikan akibat buruk yaitu berisiko terkena penyakit pembuluh koroner. Akan tetapi wanita yang melakukan terapi penggantian estrogen mengalami penurunan LDL dan peningkatan HDL. 

Bunda, pada penelitian yang lain juga menunjukkan behwa estrogen meningkatkan jumlah penerimaan LDL dalam sel, yang itu berarti bahwa mengurangi sirkulasi kolesterol yang berada di dalam darah. Kesimpulan yang di dapatkan dari penelitian itu bahwa faktor faktor penurunan kolesterol terkait dengan aktifitas estrogen.

Bagi wanita khususnya ibu menyusui semakin rajin ya dalam mengkonsumsi susu kedelai sebagai pelengkap susu ibu menyusui, ingat hasil penelitian di atas seorang wanita lebih riskan terkena penyakit pembuluh koroner ya Bunda, disamping melindungi Bunda semua dari kanker payudara ya. Jangan bosan bosan ya dalam mengkonsumsi susu kedelai yang sangat lezat dan ber nutrisi tinggi.