Kandungan Gizi Yang Dibutuhkan Dalam Makanan Pendamping ASI MPASI Bagi Bayi

Makanan pendamping asi MPASI perlu diberikan ketika bayi berusia 6 bulan ke atas. ASI memang menjadi makan pokok bagi bayi, namun ketika usianya sufah beranjak 6 bulan ke atas, bayi sudah mulai memerlukan nutrisi lain yang tidak hanya berasal dari ASI. Nutrisi itulah yang didapatkan dari makanan pendamping asi MPASI ini. Selain sebagai tambahan nutrisi pemberian MPASI ini bisa melatih bayi untuk mulai mencerna makanan selain ASI.

MPASI bayi usia 6 bulan

Pemberian MPASI ini pun tidak boleh sembarangan. Pemberian produk makanan bubur atau mengolah bubur sendiri pun harus ada pertimbangannya, agar MPASI yang diberikan bukan malah merugikan si bayi. Karena pemberian MPASI yang salah bisa mengakibatkan :

  • Bayi mudah sakit
  • Pertumbuhan bayi terlambat
  • Atau bahkan pertumbuhan bayi terhenti sama sekali

Kandungan Gizi Yang Dibutuhkan Dalam Makanan Pendamping ASI MPASI Bagi Bayi apa saja ya?

jual makanan snack mpasi

Untuk pemberian MPASI ini harus diperhatikan tahapan-tahapannya, karena perut bayi yang masih lemah tentu belum bisa untuk langsung mencerna makanan yang keras. Seperti tekstur makanannya harus dimulai dari yang sangat lembut dulu untuk usia 6 bulan, baru kemudian secara perlahan tekstur makanan bisa lebih diperkasar seiring dengan pertumbuhan usia bayi. Begitu juga dengan frekuensi dan porsi makannya. Ketika usia 6 bulan frekuensi MPASI bayi cukup 2-3 kali sehari dengan porsi makan 2-3 sendok hingga setengah cangkir ukuran 250 ml.

Kandungan Gizi MPASI

Makanan pendamping asi MPASI juga harus memiliki kandungan gizi yang diperlukan bagi perkembangan tubuhnya. Harus dieperhatikan bahwa kebutuhan gizi bayi berbeda dengan kebutuhan gizi bagi orang dewasa.

jual makanan snack pendamping asi mpasi

Seperti kolesterol, jika orang dewasa disarankan untuk mengurangi makanan yang berkolesterol, bayi justru memerlukan asupan kolesterol ini, meskipun tidak dalam jumlah yang berlebihan. Bahkan dalam kandungan ASI sendiri banyak terdapat kolesterol dan asam lemak, dan kedua kandungan ini tidak dijumpai pada susu formula manapun.

Selain kolesterol, MPASI bayi harus mengandung gizi sebagai berikut :

  • Karbohidrat, sebagai salah satu sumber energi yang penting bagi bayi. Bayi yang cukup memiliki energi akan terlihat aktif dan terhindar dari masalah malnutrisi. Karbohidrat ini bisa didapatkan dari bahan makanan seperti singkong, ubi, kentang, sereal, serta biji-bijian
  • Protein, merupakan zat yang berperan dalam pembentukan sel-sel tubuh serta berpengaruh pada sistem metabolisme bayi. Protein juga berfungsi untuk pembentukan hormon dan enzim serta dapat berperan sebagai anti bodi. Jenis MPASI dengan kandungan protein yang disarankan adalah bahan makanan hewani seperti hati, daging merah, ikan, ayam, keju, yoghurt dan telur. Untuk telur usahakan ambil kuningnya saja, karena putih telur lebih baik dikonsumsi ketika usia bayi sudah lebih dari 1 tahun.
  • Vitamin, dapat membantu perkembangan sel-sel tubuh bayi sehingga bisa berfungsi dengan sempurna. Vitamin sendiri bisa didapatkan dari sayuran serta buah-buahan. Lebih disarankan untuk memberikan sayur dan buah yang berwarna hijau dan orange,  karena kandungan vitamin A, C dan folatnya cukup tinggi dan penting bagi pertumbuhan bayi. Namun jangan berikan sawi untuk bayi 6 bulan, karena mineral sawi sangat tinggi dan akan membebani kerja ginjal bayi.
  • Lemak, merupakan penghasil energi dan juga membantu pembentukan kecerdasan otak anak. Bahan makanan lemak yang bagus untuk MPASI adalah minyak zaitun, minyak kelapa, butter dan margarine.
  • Zat besi, merupakan kandungan yang penting dalam pembentukan sel darah merah bagi bayi. Makanan yang banyak mengandung zat besi adalah hati dan daging merah.
  • Zinc, merupakan kandungan yang membantu pertumbuhan bayi melalui enzim-enzim yang bekerja dalam tubuh bayi tersebut. Zinc bisa dikonsumsi dari kuning telur, ikan segar, kerang, hati dan ayam.
  • Kalsium, kandungan yang diperlukan untuk pertumbuhan dan memperkuat tulang serta gigi pada bayi. Bahan makanan yang mengandung kalsium seperi ikan dan susu.

snack pendamping asi mpasi

Agar bisa mendapatkan seluruh kandungan gizi di atas, sebaiknya kombinasikan bahan-bahan makanan tersebut dalam pembuatan MPASI. Variasikan pula menu MPASI setiap harinya agar bayi tidak merasa bosan. Terkadang bayi akan menolak ketika diberikan MPASI, hal itu bisa saja diakibatkan oleh tekstur makanan yang tidak nyaman bagi bayi atau kombinasi makanana yang tidak disukainya.

distributor makanan snack pendamping asi mpasi

Dalam pemberian MPASI memang dibutuhkan kesabaran serta ketelatenan untuk mencari menu yang disukai bayi. Lalu bagaimana dengan ASI-ny sendiri ? Sebagai catatan, bahwa pemberian ASI tetap harus dilakukan bersamaan dengan pemberian makanan pendamping asi MPASI ini.