Hormon Oksitoksin pada ASI

airsusuibuHormon antioksidan pada asi. Bunda pernah mendengar Hormon Oksitoksin atau baru pertama kali? Hormon Oksitoksin lebih dikenal dengan Hormon cinta, bentuk rasa kasih sayang antara Bunda dan Buah hati Bunda terutama ketika Bunda dalam proses menyusui diyakini dapat menstimulus hormon ini. Tidak secara teori saja ya Bunda, memang kasih sayang Seorang Ibu terutama Ibu menyusui terhadap Buah Hatinya sungguh luar biasa ya Bunda. Secara realita pun seorang anak atau Buah hati yang disusui dibandingkan dengan anak yang diberikan susu formula, akan terjadi perubahan emosional dalam kasih sayang antara anak yang disusui dengan Bunda nya. Buah hatipun ketika memnangis meminta asupan ASI bukan semata mata lapar tetapi boleh jadi pada saat itu dia membutuhkan rasa kasih sayang terhadap Bunda nya.

Sebenarnya para ahli tidak menganjurkan memberika ASI secara terjadwal. Berikan ASI Bunda ketika anak memang benar benar membutuhkan, kapan dia membutuhkan ASI Bunda hanya Buah Hati Bunda yang tahu. Lambung Bayi memiliki kapasitas yang kecil, sehingga katika dia sudah merasa kenyang dia akan berhenti menangis minta ASI.

Oh ya Air Susu Ibu / ASI juga mengandung Hormon Koleksitokinin Bunda, Hormon Koleksitokinin akan berdampak Buah Hati Bunda merasa mengantuk dan terangsang untuk nyenyak dalam tidur, itu kenapa jika kita lihat seorang Buah Hati hampir aktifitas sehari harinya tidur ya Bunda, selain karena menjadi kebutuhan bayi untuk istirahat, ternyata faktor hormon tadi juga mempengaruhi.