Dehidrasi dan Ibu Menyusui

air mineral

Dehidrasi dan ibu menyusui. Hallo Bunda, pada tulisan sebelumnya Penulis menuliskan pentingnya air mineral bagi tubuh ya Bunda. Kita akan membahas lagi tentang air mineral ya Bunda. Kekurangan cairan alami tubuh atau dehidrasi akan menyebabkan penurunan stamina, konsentrasi bahkan bisa berakibat fatal ya Bunda. Dibdanibgkan dengan Pria ternyata wanita lebih rentan terhadap dampak negatif dehidrasi terutama pada penurunan kemampuan kognitif dan mood, bisa dibayangkan ya Bunda jika Bunda dalam masa menyusui ya. Ibu Menyusui jangan sampai mengalami ini ya Bunda.

Penelitian yang dilakukan Lewrence Amstrong pakar hidrasi dunia menyebutkan bahwa dehidrasi sebesar 1.3 persen akan berdampak kekurangan 1.5 persen cairan dalam tubuh, jika pada wanita bisa bertambah dampaknya misalnya dengan sakit kepala.

Selain karena faktor hormonal antara pria dan wanita, pengaruh faktor dehidrasi juga berpengaruh karena perbedaan kompisisi tubuh pria dan wanita, wanita pun akan berkebutuhan khusus misalnya dia dalam masa menyusui.
Dehidrasi kronik sering kali tidak bergejala karena tubuh memiliki mekanisme adaptasi sendiri. Saat kondisi dehidrasi akan keluar hormon yang menyebabkan rasa haus, namaun di dalam darah sendiri akan secara otomatis terjadi kekentalan cairan darah sehingga akan dilakukan pengeluaran semacam hormon untuk menghemat air misal air seni yang sedikit dan tidak berkeringat.

Penulis berharap agar kondisi keseimbangan tubuh harus selalu dijaga, dengan cara mengkonsumsi cukup cairan jangan abaikan rasa haus karena itu merupakan sinyal tubuh kita membutuhkan cairan