Cara Menyimpan Asi Perah Yang Baik dan Benar

Cara Menyimpan Asi Perah Yang Baik dan Benar

Penanganan ASI Perah (ASIP) pada prinsipnya disesuaikan dengan manajemen ASIP masing-masing orang. Prinsip cara menyimpan asi perah yang baik dan benar antara lain menyimpan ASIP dalam suhu dingin akan meningkatkan ketahanan ASIP, usahakan tidak terjadi perubahan suhu yang drastis, dan semakin sebentar penyimpanan ASIP maka semakin kualitasnya.

cara menyimpan asi perah yang benar

Menyimpan ASIP di freezer hanya dilakukan jika ibu akan menyimpannya dalam waktu lebih dari 8 jam, dimana suhu freezer yang aman yaitu kurang dari 15 derajat celcius setelah didinginkan terlebih dahulu di kulkas bawah. Jika ibu ingin menggabungkan beberapa asi perahan menjadi satu, maka diamkan dulu ASIP sebentar (tidak lebih dari 4 jam) dalam suhu ruang sebelum dimasukkan ke kulkas. tabel daya tahan ASIP bisa dilihat di sini ya :D

cara menyimpan asi perah yang benar setelah dipompa

Disarankan untuk menyimpan ASIP dalam wadah 25-100 ml di botol atau plastik ASIP agar lebih cepat dicairkan dan dihangatkan. ASIP yang sudah dicairkan tidak dapat dibekukan kembali, namun masih dapat disimpan di kulkas selama 24 jam. Sedangkan ASIP yang sudah dihangatkan tidak boleh dihangatkan kembali.

cara menyimpan asi perah yang baik dan benar