Cara Memerah Asi dengan Tangan yang Mudah dan Praktis

Cara Memerah Asi dengan Tangan yang Mudah dan Praktis

Bunda, ketika kita jauh dari bayi, asi harus tetap dikeluarkan ya. Ini untuk antisipasi ketika Anda meninggalkan buah hati sewaktu-waktu, dan agar produksi asi tidak berkurang. Asi dapat diperah dengan tiga cara, yaitu dengan tangan, pompa manual dan pompa elektrik. Berikut ini cara memerah asi dengan tangan yang mudah dan praktis.

Sebelum mulai memerah asi, siapkan wadah bertutup yang bersih, sebaiknya disterilkan dulu. Cuci tangan dengan sabun hingga bersih.

Perhatikan posisi jari dan tekan dengan benar. Posisi jari yang benar dan tekanan yang benar akan menghasilkan asi perahan yang maksimal. Saluran-saluran susu melebar di daerah areola (daerah berwarna kehitaman sekitar puting) dan membentuk “waduk” kecil di daerah itu. Jika waduk ditekan, maka air susu akan keluar banyak.

cara memerah asi dengan tangan yang praktis dan mudahBersihkan puting susu dengan memerah sedikit asi, lalu oleskan pada puting dan areola. Asi mengandung zat anti bakteri.

  1. Mulailah dengan merangsang puting agar reflek hormon prolaktin dan oksitosin timbul. Letakkan ibu jari sekitar 2-3 cm di atas puting, ibu jari dan jari tengah 2-3 cm di bawah puting sehingga membentuk huruf C. Tekan seluruh jari sisanya ke arah dinding dada.
  2. Tekan areola memutar dari arah belakang puting antara ibu jari dan jari lain ke arah puting kemudian lepaskan. Jika hal ini dilakukan dengan benar, tidak akan menimbulkan rasa sakit. Ulangi terus langkah ini hingga asi keluar. Pastikan asi tidak mengalir melalui jari telunjuk bunda agar asi tidak terbuang.
  3. Pindahkan posisi ibu jari dan jari yang lain pada sisi kanan dan kiri areola, kemudian tekan dengan cara yang sama.
  4. Agar semua waduk asi dapat dikosongkan, pindahkan jari ke posisi yang lain pada payudara yang sama, setelah kurang lebih 3 menit memerah pada posisi yang sama. Misal pada posisi jarum jam 9,8,10,11,12 masing-masing 3 menit, jadi totalnya 15 menit

asi perahan yang baru diperas

Jika bunda memerah dengan cara yang benar, maka akan berhasil mengosongkan payudara dan ini akan meningkatkan produksi asi. Semangat memberikan ASI ya bunda :D
hasil memerah asi