Amankah Makanan Pendamping ASI MPASI Bagi Bayi

Memberikan MPASI secara aman akan membuat bayi nyaman setiap kali makan. Sebagai makanan pendamping ASI, jenis makanan untuk bayi tentu terbatas. Bukan berarti bayi yang sudah berusia lebih dari enam bulan, maka dibebaskan untuk mengkonsumsi jenis makanan yang ada di meja makan. Pernahkah Anda mendengar para ibu yang masih meragukan keamanan terhadap pemberian MPASI bagi bayi? Lalu bagaimana penjelasannya untuk para ibu yang hendak memberikan MPASI bagi bayi mereka? Simaklah penjelasannya di bawah ini.

kudapan snack makanan pendaping asi yang aman untuk bayi

Pemberian MPASI Terlalu Dini Tidak dianjurkan

Secara medis, pemberian MPASI harus memperhatikan usia si bayi. Anda tidak diperbolehkan memberikan MPASI bagi bayi yang masih berusia kurang dari enam bulan. Pemberian MPASI terlalu dini membawa risiko besar bayi menjadi rentan sakit. Di usia bayi yang seharusnya masih diberikan ASI, namun sudah diberikan MPASI, maka membuat sistem pencernaan menjadi terganggu. Selain itu, jika para ibu tidak menyadarinya dan tetap memberikan MPASI ketika bayi belum waktunya diberi MPASI, maka akan membawa dampak risiko penyakit jangka panjang. Mulai dari alergi terhadap makanan, hipertensi, sampai dengan obesitas.

kudapan makanan pendamping asi

Pemberian MPASI dalam Kondisi yang Hangat atau Dingin

MPASI yang dikatakan tidak aman itu jika Anda memberikannya dalam kondisi panas. jelas akan sangat berbahaya bagi bayi. Lidah bayi akan menjadi kesakitan karena merasakan panas dari MPASI yang Anda buat. Untuk itu, pemberian MPASI yang aman adalah berikanlah dalam kondisi hangat atau lebih baik dingin.

Tidak Perlu Memaksa Bayi dalam Memberikan MPASI

Perlu Anda ketahui, meskipun usia bayi sudah enam bulan ke atas dan dapat mulai diberikan MPASI. Apalagi bayi Anda sudah menunjukkan kesiapan secara fisik dan psikologis, bukan berarti MPASI tersebut harus habis. Dalam arti, ketika Anda hendak menyuapi satu mangkuk kecil MPASI, bayi Anda harus menghabiskan MPASI tersebut. Tidak. Cara yang demikian adalah salah. Pemberian MPASI harus aman dan mengikuti keinginan si bayi. Jika bayi masih menolak untuk diberikan MPASI, cobalah di hari berikutnya. Ketika bayi sudah tidak menolak diberikan MPASI, maka biarkan bayi Anda untuk menikmati rasa dari MPASI tersebut. Tidak masalah jika bayi Anda harus mengunyah dalam waktu lama. Tidak masalah pula jika satu mangkuk MPASI yang sudah Anda buat ternyata hanya dihabiskan sebanyak lima sendok makan bayi. Terpenting adalah bayi Anda sudah mulai belajar untuk merespon kunyahan terhadap makanan dan mengenal tekstur dari MPASI.

jenis snack makanan pendamping asi mpasi yang aman

Amankah Makanan Pendamping ASI MPASI Bagi Bayi Anda?

Perhatikan Tekstur MPASI yang diberikan untuk Bayi

Ingat jenis makanan untuk bayi sangat jauh berbeda dengan jenis makanan anak-anak maupun orang dewasa. Anak-anak dan orang dewasa sudah mampu mengunyah makanan lunak hingga keras. Namun, tidak demikian dengan bayi. Sehingga pastikan setiap Anda hendak memberikan memberikan MPASI secara aman, berikanlah dengan tekstur yang halus. Anda dapat menghaluskannya dengan bagian cembung sendok atau dengan garpu. Mengingat bayi Anda belum tumbuh gigi, sehingga risiko untuk tersedak dapat diminimalisir ketika Anda sudah memberikan MPASI dalam tekstur yang halus.

bagaimana cara memberikan makanan pendamping asi mpasi yang aman

Jenis Makanan yang Tidak Boleh Terdapat pada MPASI

Para ibu jika ingin memberikan MPASI pada bayi, maka berikanlah secara aman. Pastikan Anda tidak menyertakan biji-bijian pada MPASI bayi. Lebih baik pula untuk tidak menyertakan jenis makanan kasar dan keras pada MPASI. Karena dapat membuat bayi tersedak dan kesulitan untuk menelan.

Perhatikan Frekuensi MPASI Bagi Bayi

Berbicara mengenai keamanan dalam memberikan MPASI bayi juga terletak pada frekuensinya. Untuk bayi 6 bulan, berikan MPASI sebanyak tiga kali per hari. Untuk bayi kurang dari 8 bulan, berikan MPASI tiga kali per hari. Untuk bayi kurang dari 11 bulan, berikan MPASI empat kali per hari. Untuk bayi kurang dari 2 tahun, berikan MPASI 4 kali per hari. Jika bayi Anda masih merasa lapar, maka disela-sela pemberian MPASI, para ibu dapat memberikan biskuit bayi dengan tekstur lunak.

amankah memberikan makanan pendamping asi mpasi

Jadi, bagi para ibu yang tadinya merasa takut ataupun ragu untuk memberikan MPASI, kini sudah terjawab. Bagaimana memberikan MPASI yang aman sudah dapat Anda ketahui seperti penjelasan di atas. Pastikan bayi Anda tercukupi kebutuhan gizinya dengan memberikan MPASI secara aman.