Susu Kedelai dan Kolesterol

Susu kedelai dan kolesterol. Bunda semua, menurut fakta yang ada pada tahun 1940 an, para peneliti mulai mengkaji pengaruh protein nabati dan hewani pada kadar kolesterol. Pada penelitian awal pasien yang memilki kolesterol tinggi di dalam darah, kemudian pasien yang tadi diberi asupan makanan yang mengandung lemak serta kolesterol rendah selama tiga bulan, meskipun pasien ini telah menunjukkan penurunan kadar kolesterol, namun kadar kolesterol yang sudah turun berusaha diturunkan lagi oleh peneliti. Pada Penelitian tersebut, protein hewani yang biasa dikonsumsi oleh pasien dicoba diganti dengan protein kedelai sebagai sampel apakah kedelai masih bisa menurunkan kadar kolesterol lagi atau tidak. Bunda ternyata dari hasil yang di dapatkan sungguh sangat mengejutkan, setelah tiga minggu mengkonsumsi protein kedelai seperti yang dianjurkan oleh peneliti, pasien ternyata menunjukkan penurunan 21 persen dari total kolesterol, perbandingannya dengan yang tetap mengkonsumsi protein hewani tidak mengalami kadar kolesterolnya.

Luar biasa ya Bunda, di jaman sekarang yang orang dengan mudah menemukan makanan yang kurang sehat sebagai salah satu sumber kolesterol jahat dalam tubuh, kita dituntut untuk lebih bijak memahami akan kondisi tubuh, dibandingkan dengan menuruti keinginan kita akan mengkonsumsi makanan yang kurang sehat. Makanan cepat saji adalah salah satu jenisnya, selain mudah didapat, prosesnya mudah, dan rasanya yang enak, terkadang terlalu berat untuk lebih memilih makan yang sehat ya Bunda.susu kedelai

Kesimpulannya kedelai dari hasil penelitian sungguh sangat besar manfaatnya dalam menurunkan kadar kolesterol. Selamat sekali lagi ya bagi Ibu Menyusui yang rajin mengkonsumsi susu kedelai, tidak hanya sebagai pelancar asi, tetapi juga dapat menurunkan kadar kolesterol.