Pengertian Makanan Pendamping ASI MPASI Bagi Bayi

Makanan sehat pendamping ASI MPASI untuk bayi diperlukan, selain ibu memberikan ASI kepada bayi mereka. MPASI atau Makanan Pendamping ASI adalah makanan yang diberikan kepada bayi sebagai pendamping ASI. MPASI juga disebut sebagai makanan “kedua” bagi bayi. MPASI diberikan dengan tujuan agar asupan gizi bayi tercukupi seiring dengan pertambahan usianya. Seperti yang diketahui, ketika bayi sudah berusia lebih dari enam bulan, gizi dari ASI tidak mampu lagi mencukupi kebutuhan harian. Sehingga selain ASI, para ibu harus memberikan MPASI dengan tekstur yang lembut dan padat. Dalam memberikan MPASI juga perlu dilakukan dengan hati-hati. Sebab bayi akan mulai berlatih berkenalan dengan makanan dengan tekstur yang berbeda dengan ASI yang cair. Ada baiknya, para ibu tidak sekadar mengetahui pengertian MPASI, namun juga hal-hal yang berkaitan dengan MPASI bayi seperti berikut.

Ketahui Kesiapan Fisik Bayi untuk diberikan MPASI

Setiap bayi memiliki kesiapan fisik yang berbeda untuk diberikan MPASI. Untuk itu, Anda perlu mengetahui seperti apa saja kesiapan fisik bayi yang sudah tergolong dapat diberikan MPASI. Jika kebiasaan “reflex ekstrusi” atau kebiasaan menjulur-julurkan lidah bayi sudah tidak terlihat, maka Anda dapat memberikan ASI. Jika bayi sudah dapat duduk dengan kepala tegak dan seimbang sambil mengambil dan bermain mainan yang ada di sampingnya tanpa jatuh, maka sudah menunjukkan kesiapan fisik untuk diberikan MPASI.

pengertian makanan pendamping asi mpasi bayi

Ketahui Kesiapan Psikologis Bayi untuk diberikan MPASI

Setiap bayi juga memiliki kesiapan psikologi yang berbeda untuk diberikan MPASI. Sebagai ibu, Anda perlu memperhatikan kesiapan psikologis bayi dengan seksama. Bayi dapat diberi MPASI jika menunjukkan sikap mandiri ketika bermain. Jika bayi Anda sudah mulai memberikan respon tertarik ketika melihat Anda atau orang lain makan, maka sudah dapat diberikan MPASI. Sehingga jika sudah memiliki keinginan untuk makan dan timbul rasa lapar, ibu harus segera memberikan makanan sehat pendamping ASI kepada bayi.

Ketahui Fungsi MPASI

Setiap bayi yang sudah layak diberi MPASI harus segera diberi makanan dengan kandungan gizi yang mampu mencukupi kebutuhan hariannya. Perlu diketahui, MPASI memiliki fungsi utama yaitu, memperkenalkan makanan dengan tekstur baru kepada bayi Anda. Sehingga bayi akan mulai belajar membedakan antara makanan dengan tekstur cair dari ASI dan tekstur padat serta lembut dari MPASI. MPASI juga berfungsi untuk pekermbangan sistem motorik dan emosinal pada bayi.

apa manfaat snack makanan pendamping asi mpasi

Ketahui Ketentuan Memberikan MPASI Sesuai Usia Bayi

Perhatikan pula dalam memberikan MPASI harus sesuai dengan ketentuan. Depkes Republik Indonesia di tahun 2006 menjelaskan, masa emas bayi agar dapat mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang optimal perlu dipenuhi dengan pemberian gizi yang seimbang. Dari situlah dapat dihubungkan pemberian MPASI dapat menunjang pertumbuhan dan perkembangan yang lebih optimal. Ketika bayi Anda menginjak usia 6-7 bulan, berikanlah dalam bentuk pure satu jenis buah. Buatlah pure buah yang encer dan jangan diberi tambahan pemanis apapun. Ketika bayi Anda menginjak usia 7-8 bulan, berikanlah dalam bentuk pure buah dan bubur saring seperti makanan yang dilumatkan. Ketika bayi menginjak usia 8-9 bulan, berikanlah bubur saring dengan tesktur yang agak kasar. Dengan memberikan MPASI ini pula para ibu dapat mengetahui apakah bayi Anda mengalami alergi terhadap suatu jenis makanan tertentu. Sebagai contoh, Anda dapat memberikan model MPASI dari ikan atau udang untuk melihat reaksi alerginya. Jika tidak masalah, maka bayi Anda tidak alergi terhadap hasil olahan laut. Perlu diperhatikan pula, dalam memberikan MPASI di awal pemberiannya, berikan satu jenis MPASI pada bayi Anda. Sebab pemberian MPASI perlu dilakukan secara bertahap dan tepat.

jenis makanan pendamping asi mpasi

Pengertian Makanan Pendamping ASI MPASI Bagi Bayi sebenarnya apa ya?

Berikanlah MPASI dengan kombinasi gizi yang tepat. Setelah diberikan pure buah, para ibu juga perlu mengkombinasikan lauk-pauk dengan sayur untuk jenis MPASI bubur saring. Barulah kemudian Anda dapat mulai memperkenalkan jenis makanan dengan tekstur padat  yang cepat lunak ketika digigit pada bayi ketika sudah menginjak usia dua belas bulan ke atas. Guna melatih pertumbuhan gigi bayi agar cepat tumbuh. Itulah yang harus para ibu perhatikan dalam memberikan makanan sehat pendamping ASI.