Kiat Sukses Menyusui

Kiat sukses menyusui. Agar Bunda sukses dalam memberikan Air Susu Ibu (ASI), diperlukan kesiapan fisik dan mental serta dukungan dari keluarga terdekat, dan teman-teman. Lalu, apa saja persiapannya? yuk Bunda kita simak uraian di bawah.

Pertama, saat Bunda sedang hamil.kiat sukses menyusui

Persiapan yang dapat dilakukan adalah dengan memperbanyak membaca buku, literatur, atau apapun sejenisnya tentang menyusui, bila perlu ikuti kelas menyusui. Beberapa rumah sakit telah menyediakan klinik laktasi. Bunda dapat belajar langsung dari ahlinya. Selain itu, galang dukungan dari suami, orang tua, mertua, dan jelaskan kepada mereka tentang niat Bunda menyusui secara eksklusif. Bagi Bunda yang bekerja, lebih baik memberi tahu atasan tentang rencana Bunda menyusui. Hal ini terkait dengan kebijakan jam kerja agar Bunda bisa tetap memerah ASI untuk buah hati tercinta.

Kedua, pada saat melahirkan.

Begitu buah hati lahir, mintalah kepada dokter atau bidan yang menolong persalinan Bunda untuk melakukan IMD (Inisiasi Menyusui Dini). Setelah itu, biarkan bayi menginap (rooming in) di ruang perawatan bersama Bunda. Tanyakan kepada perawat atau bidan, kapan bayi boleh menghisap puting payudara Bunda untuk merangsang keluarnya kolostrum dan ASI. Berikan kolostrum pada bayi karena terdapat zat gizi konsentrasi tinggi di dalamnya.

Ketiga, enam bulan pertama.

Pada awal kehidupannya, bayi bisa menyusu sampai dua belas kali dalam sehari. Mungkin terasa sangat melelahkan, tapi bayi memang butuh waktu sekitar 6 sampai 8 minggu untuk dapat menyusu dengan benar. Bergabunglah dengan grup ibu menyusui untuk saling memberikan dukungan dan saran. Bagi Bunda yang bekerja, sebelum kembali masuk bekerja, carilah tempat penitipan anak yang pro ASI. Atau jika menggunakan pengasuh, informasikan dan berikan pelatihan padanya tata cara memberikan ASI perah (ASIP) yang benar.