Kami Menjual Snack Makanan Pendamping ASI MPASI Bagi Bayi

Snack makanan pendamping ASI MPASI merupakan salah satu alternatif makanan si kecil yang sudah berusia 6 bulan keatas. Seperti yang umum diketahui bahwa usia 6 bulan keatas, bayi sudah mulai diperkenalkan dengan makanan tambahan lainnya selain ASI. Makanan tambahan itulah yang sering disebut sebagai makanan pendamping ASI. Karena meskipun sudah mulai makan makanan lain, ASI tetap harus dijalankan sampai usia bayi 2 tahun.

Pemberian snack MPASI ini harus diperhatikan sesuai dengan usia dan kebutuhan bayi. Karena bayi masih belum sempurna sistem pencernaannya, sehingga dari tekstur dan rasa MPASI ini pun harus diperhatikan dengan baik. Selain itu pastikan pula snack makanan pendamping asi MPASI ini memenuhi kebutuhan nutrisi bayi serta disukai oleh si kecil.

snack makanan pendamping asi mpasi

Petunjuk dasar pemberian snack MPASI

Badan kesehatan dunia atau WHO telah memberikan beberapa petunjuk dalam pengenalan MPASI ini. Sehingga bagi orang tua bisa mengetahui kapan serta bagaimana pemberian MPASI yang tepat. Petunjuk pemberian MPASI seperti berikut ini :

  • Pemberian MPASI dilakukan ketika bayi berumur 6 bulan, namun selama pemberian MPASI, pemberian ASI pun tetap harus berjalan.
  • Pemberian ASI harus berupa ASI eksklusif yaitu selama 2 tahun penuh.
  • Pelajari respon bayi ketika diberikan MPASI. Pemberian MPASI ini tidak selamanya mudah, karena bayi bisa saja menolak makanan yang diberikan kepadanya. Jika itu terjadi makan coba diubah tekstur, rasa serta kombinasi dari snack MPASI tersebut. Selain itu pelajari kapan bayi merasa lapar dan kapan ia merasa kenyang. Dengan begitu pemberian snack MPASI pun bisa lebih maksimal. Dalam proses pemberian MPASI, orang tua, khususnya sang ibu, harus lebih sabar dan telaten. Karena pemberian MPASI ini juga merupakan bagian dari komunikasi kasih sayang antara ibu dan si bayi.
  • Selalu menjaga kebersihan makanan dan peralatan makan bayi. Simpan snack MPASI di tempat yang terlindungi serta tidak terpapar dengan zat-zat berbahaya. Cuci bersih semua peralatan makan bayi, kalau perlu rendam dengan air hangat sebelum atau sesudah makan. Jika menyuapi bayi, maka cuci tangan dulu hingga bersih. Cuci pula tangan si kecil karena bisa saja ketika makan dia ikut-ikutan menyentuh makanannya.
  • Ubah porsi makannya secara perlahan. Mulai dengan porsi kecil di usia 6 bulan, kemudian perlahan diperbanyak seiring dengan bertambahnya usia bayi.
  • Selain porsi, ubah pula kekentalan MPASI secara bertahap. Karena pencernaan bayi yang belum terlalu kuat, maka berikan puree ketika usianya 6 bulan. Seteleh beranjak 8 bulan baru berikan finger food atau MPASI yang dipotong kecil-kecil.
  • Untuk jadwal makan bayi bisa disesuaikan dengan jadwal makan orang dewasa, yaitu 3 kali makanan pokok, ditambah 2 kali makan selingan dan 3 kali pemberian ASI.
  • Berikan variasi snack makanan pendamping asi MPASI agar bayi tidak merasa bosan. Variasi makanan ini untuk lebih melengkapi kebutuhan nutrisi bayi. Namun untuk pemberian gula dan garam sebaiknya dibatasi atau jangan gunakan garam dan gula tambahan. Plih saja bahan makanan yang memang memiliki rasa manis dan asin alami agar lebih aman.
  • Tambahkan suplemen vitamin jika bayi memang memerlukannya.
  • Jika bayi sakit maka perbanyak pemberian cairan serta ASI. Berikan pula snack MPASI yang lebih bervariasi dan lembut agar bayi mudah mengkonsumsinya.

Snack makanan pendamping asi MPASI instan

Selain membuat sendiri, kini sudah hadir pula snack makanan pendamping asi MPASI instan yang bisa dibeli di supermarket. Snack MPASI instan ini juga sama bernutrisinya dengan buatan sendiri dan juga lebih bervariasi. Dengan adanya snack MPASI ini akan lebih membantu bagi para ibu yang memang tidak sempat membuat olahan MPASI sendiri atau ketika dalam perjalanan panjang seperti liburan dan mudik.

jual makanan pendamping asi mpasi

Snack pendamping asi MPASI diperlukan sebagai nutrisi pendamping bagi bayi dalam masa pengenalan terhadap makanan.

Namun, untuk membeli snack MPASI instan ini juga harus memperhatikan banyak hal, seperti :

  • Bebas dari kandungan pengawet dan zat kimia lainnya
  • Masa kadaluarsa sncak MPASI masih panjang
  • Kemasan snack MPASI dalam wadah tertutup rapat dan tersegel
  • Mendapat sertifikasi dari BPOM Indonesia
  • Memiliki kandungan gizi dan nutrisi lengkap.

makanan pendamping asi mpasi bagi anak bayi

Yang utama adalah memperhatikan respon bayi terhadap snack MPASI instan ini. Jika memang bayi suka maka bisa meneruskan pengkonsumsiannya, namun jika tidak, bisa menggantinya dengan jenis snack makanan pendamping ASI MPASI lainnya.